PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KETERSEDIAAN FITUR TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN MOBILE BANKING (BRI MOBILE) (Survei Pada Nasabah PT Bank BRI Unit Ratu Samban Cabang Bengkulu)

RINGKASAN

Penggunaan jumlah nasabah elektronik dalam 3 tahun terakhir terjadi penurunan dari tahun 2013 ke tahun 2015. Hal ini menunjukkan indikasi menurunnya minat konsumen dalam menggunakan mobile banking Bank Rakyat Indonesia. Penggunaan fasilitas mobile banking dengan jumlah dan volume transaksi yang sangat rendah dibanding internet banking. Hasil wawancara tidak terstruktur ditemukan bahwa mobile banking Bank BRI dalam penggunaan dan fitur yang dimiliki masih belum lengkap sehingga menyebabkan rendahnya minat nasabah dalam menggunakan fasilitas mobile banking Bank Rakyat Indonesia. Fenomena yang terjadi dalam hal penggunaan BRI Mobile selama ini nasabah banyak yang belum memahami tentang tata cara penggunaan dikarenakan kurangnya penjelasan yang diberikan oleh karyawan Bank Rakyat Indonesia serta  masih minimnya ketersediaan fitur dari BRI Mobile tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan terhadap minat konsumen dalam penggunaan Mobile Banking dan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan fitur terhadap minat konsumen dalam penggunaan Mobile Banking pada nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Ratu Samban Cabang Bengkulu.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank BRI yang menggunakan layanan Bank Rakyat Indonesia Mobile yang ada di kota Bengkulu sebanyak 5.417 orang. Sampel yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebanyak 200 nasabah pengguna aplikasi BRI Mobile. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.

Hasil analisis pengujian persamaan regresi koefisien regresi X1 persepsi kemudahan diperoleh nilai sebesar 1.487. Maka apabila variabel persepsi kemudahan ditingkatkan, maka  minat konsumen  akan  meningkat dan berkembang searah dengan peningkatan persepsi kemudahan dan koefisien regresi X2 ketersediaan fitur diperoleh nilai sebesar 0.475. Maka apabila variabel ketersediaan fitur ditingkatkan,  maka  minat konsumen akan  meningkat dan berkembang searah dengan peningkatan ketersediaan fitur. Sedangkan nilai koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh adalah sebesar 0,378. Nilai R2 merupakan nilai koefisien simultan antara variabel prediktor terhadap variabel dependen. Nilai ini menunjukkan bahwa variabel prediktor atau variabel bebas memiliki pengaruh sebesar 37,8% terhadap varibel terikat. Dengan kata lain, pada penelitian ini variabel bebas yang terdiri dari persepsi kemudahan dan ketersedian fitur memiliki pengaruh terhadap variabel minat konsumen sebesar 37,8%. Hal ini berarti bahwa 37,8% variabel minat konsumen dapat dijelaskan oleh variable persepsi kemudahan dan ketersedian fitur. Sedangkan sisanya sebesar 62,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis uji F (F-test) keputusan diambil dengan cara membandingkan nilai Sig dengan nilai alpha < 0.05Dalam penelitian ini didapat nilai nilai F hitung sebesar 59,825 dan nilai signifikan sebesar 0,000< 0.05, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi kemudahan dan ketersediaan fitur terhadap minat konsumen dalam penggunaan Mobile Banking (BRI Mobile) PT Bank BRI Unit Ratu Samban Cabang Bengkulu secara simultan.

Saran kepada PT Bank BRI Unit Ratu Samban Cabang Bengkulu diharapkan dapat meningkatkan kemudahan penggunaan  dalam penggunaan Mobile Banking, sehingga apabila pengggunaan aplikasi Mobile Banking dapat dipermudah tentunya dapat meningkatkan jumlah nasabah penggunaan Mobile Banking (BRI Mobile) dan seiring perkembangan dalam dunia perbankan secara elektronik (e banking), maka pada PT Bank BRI Unit Ratu Samban Cabang Bengkulu diharapkan dapat  melakukan penyempurnaan fitur dan penambahan fitur fitur baru pada aplikasi BRI Mobile yang dapat mendukung transaksi elektronik. Penyempurnaan yang disertai tambahan informasi mengenai fitur yang ada serta tata cara penggunaan, sehingga faktor kemudahan juga akan mengifisiensikan waktu selama mengakses.

Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Ketersediaan Fitur dan Minat Konsumen

(1) Calon Magister Manajemen

(2) Dosen Pembimbing

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s