Manajemen Strategi

Tugas Manajemen Strategi

Konsep HRS tradisional: Berfokus pada kinerja organisasi dari pada kinerja individu. Dalam hal ini HRS lebih menekankan peran sistem manajemen organisasi atau perusahaan dalam megahadapi persaingan.

Sedangkan HRS HRS Berfokus pada sumber daya manusia atau SDM yang baru yang memiliki komitmen dan strategi dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Permasalahan yang terjadi yaitu kinerja orgaanisasi dan kinerja sumber daya manusia yang ada belum mampu menghadapi persaingan dikarenakan organisasi tidak mampu menunjukkan kinerja baik demi majunya organisasi dan perusahaan.

Sebagaimana menurut teori Resources Based View (RBV) di mana perusahaan harus memiliki dasar atau  pengembangan untuk dapat memiliki keunggulan bersaing dari sebuah perusahaan dengan menonjolkan keunggulan utama dari sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Untuk itu organisasi perlu melakukan analisis dalam menentukkan keunggulan kompetitif sehingga dapat bersaing dengan organisasi atau perusahaan lainnya. Hal yang dapat dilakukan dengan menganalisi kelemahan, peluang, ancaman yang terjadi, sehingga organisasi atau peruhasaan dapat mengetahui kelemahan serta dapat memperbaikan kinerja organisasi maupun perusahaan dalam menghadapi persaingan.

 Tugas Manajemen Strategi

Konsep HRS dalam paradigma lama menekankan kinerja dari manajemen perusahaan dalam menghadapi persaingan untuk memajukan organisasi atau perusahaan.

Konsep HRS dalam paradigma baru menekankan pada sumber daya yang dimiliki untuk mampu bersaing. Dimana sumber daya manusia factor penentu dalam menghadapi persaingan dengan organisasi atau perusahaan lain.

Permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya berfungsinya sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi atau perusahaan dalam melaksanakan tugas, sehingga tidak SDM yang ada tidak memiliki inovasi, stategi atau tidak dapat menghadapi persaingan yang terjadi karena tidak memiliki keunggulan.

Pada Pendekatan Resource-Based View (RBV) berfokus pada internal perusahaan sedangkan paradigma analisa stratejik tradisional lebih berfokus pada industri-lingkungan. Menurut RBV, keunggulan kompetitif hanya dapat muncul dalam situasi heterogenitas sumber daya perusahaan dan immobilitas sumber daya perusahaan, dan asumsi inilah yang berfungsi untuk membedakan model berbasis sumber daya dari model manajemen stratejik tradisional. Heterogenitas sumber daya perusahaan mengacu pada sumber daya yang dimiliki sebuah perusahaan. Strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan dapat dilakukan dengan Analis SWOT.

 Tugas Manajemen Strategi

 MSDM Stratejik (Strategic Human Resources Management) mengembangkan atau menggunakan model-model teori yang memungkinkan prediksi dan pemahaman pengaruh dari praktek praktek HR pada fungsi organisasi.

HR konsep tradisional      : Lebih menekankan sistem dari manajamen perusahaan dalam mengatur perusahaan untuk bersaing. Disini diperlukan pengelohan sistem manajemen perusahaan yang baik.

HR Konsep modern          : Lebih menekankan pada sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan untuk bersaing. Disini diperlukan sumber daya manusia yang professional.

Permasalahan yang terjadi dalam perusahaan atau organiasi yaitu  sumber daya internal perusahaan atau organisasi yang ada. Dimana sumber daya manusia (SDM) yang ada dalam melaksanakan pekerjaan belum berorientasi pada misi yang strategic agar dapat memiliki keunggulan untuk bersaing.

Pandangan RBV didasarkan pada keunggulan kompetitif dan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dimana menggambarkan keunggulan kompetitif perusahaan untuk mampu bersaing ketat dalam memajukan perusahaan. Stategi yang penting bagi perusahaan atau organisasi tergantung pada sebuah kerangka tunggal yaitu (SWOT Analysis) untuk menemukan strategi baru dalam memajukan perusahaan atau organisasi yaitu dengan menganalisis Strengt, Weakness, Opportunity, dan Threat dalam perusahaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s