Berita 

Definisi Berita

Menurut kamus Bahasa Indonesia, berita merupakam atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Kita dapat mendefinisikan bahwa baerita adalah informasi yang penting dan menarik khalayak/ audien. Secara berita dapat dikatakan informasi yang memenuhi dua aspek yaitu penting dan menarik.

(Morissan, 2008) mengemukakan bahwa berita adalah informasi yang penting dan menarik bagi khalayak audiens. Soehoet (Novilena, 2004) memaparkan bahwa berita yang lengkap mengandung semua elemen yang dibutuhkan khalayaknya, untuk itu media massa dalam menyusun suatu berita lengkap dengan menggunakan rumusan 5W + 1 H.

William S. Maulsby (dalam Yuningsih, 2004), mengemukakan pengertian yang lebih sempurna dengan merumuskan bahwa: “Berita dapatlah dibataskan (didefinisikan) sebagai suatu penuturan secara benar dan tidak memihak fakta- fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi yang dapat menarik perhatian khalayak”.

 Berita Kriminal

Berita kriminal adalah uraian tentang peristiwa atau fakta mengenai berbagai tindakan kriminal (kejahatan) yang dilakukan oleh pelaku kejahatan. Berita dianggap menarik minat khalayak pemirsanya dengan kemasan aktual dan mendalam. Selain itu dengan berita yang bersifat komprehensif, interpretatif dan investigatif, akan menambah pengetahuan dan wawasan khalayak secara mendalam.

Menurut (Novilena, 2004) berita kriminal adalah uraian tentang peristiwa/fakta atau pendapat yang mengandung nilai berita tentang kejahatan yang ditayangkan di televisi. (Budhiarty, 2004) mendefinisikan berita kriminal sebagai acara yang menayangkan informasi hanya berkisar mengenai kejadian kriminal/kejahatan, kecelakaan, kebakaran dan atau orang hilang; tayangan ini dapat dikemas dalam format berita (news) ataupun laporan mendalam (investigasi) yang mengupas suatu kasus lama atau baru yang belum. Sudah terungkap, dan terkadang disertai tips-tips untuk mengantisipasi setiap modus kejahatan.

Menurut Miller (Siagan, 2000) dalam (Budhiarty, 2004) kemasan berita berisikan fakta atau pendapat dalam bentuk langsung dan berita mendalam. Berita langsung adalah uraian fakta yang makna beritanya kuat (penting). Berita mendalam adalah berita komprehensif, interpretatif dan investigatif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s