Public Relation

  • Pengertian Public Relation

 Public relation adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar (internal dan eksternal), antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian (Effendi, 2005). Menurut Seidel dalam Effendi, (2005), seorang Public Relation Director pada Division of Housing di New York mengatakan: Public Relation adalah suatu proses yang berkelanjutan dari usaha manajemen untuk memperoleh jasa baik dan pengertian dari para pelanggan nya, dan Publik pada umumnya.

Kemudian menurut Howard dalam Mulyana, (2007) menyatakan: Public Relation adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik secara lebih baik, sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau sesuatu organisasi/badan.

Menurut Harlow dalam Mulyana, (2007) menyatakan bahwa public relation adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktifitas komunikasi, penegertian, penerimaan dan kerja sama yang melibatkan manajemen dalam menghadapi suatu persoalan/permasalahan untuk mampu menanggapi opini publik.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa public relation menekankan pada seni“. Hal ini menunjukkan bahwa public relation sangat erat kaitannya dengan aspek seni. Yang dimaksud seni di sini adalah seni dalam kaitannya dengan cara berkomunikasi, di mana seseorang petugas public relation harus mempunyai dan mampu menampilkan daya seni berkomunikasi yang baik sehingga dapat memberikan keuntungan baik bagi perusahaan atau instansi sesui dengan image positif dari publik terhadap instansi tersebut.

  • Fungsi Public Relation

Fungsi utama  public relation adalah menumbuhkembangkan hubungan yang baik antar lembaga/organisasi dengan publiknya, internal maupun eksternal dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhakan motivasi, dan partisipasi publik dalam upaya menciptakan iklim pendapat (opini publik) yang menguntungkan lembaga atau organisasi.

Aktivitas public relation adalah menyelenggarakan komunikasi timbal balik (two ways traffic communications) antara lembaga dengan publik yang bertujuan untuk menciptakan saling pengertian dan dukungan sehingga tercapainya suatu tujuan tertentu, demi kemajuan lembaga atau citra positif lembaga tersebut. Terdapat  4 fungsi public relation, yaitu: (Rakhmat, 2000).

  1. Sebagai komunikator atau penghubung antara organisasi dengan lembaga yang mewakili dengan publiknya
  2. Membina relationship, yaitu berupa membina hubungan yang positif dan saling menguntungkan dengan pihak publiknya
  3. Peranan back up manajemen, yankni sebagai pendukung dalam fungsi manajemen organsasi atau perusahaan
  4. Membentuk coorporate image, artinya fungsi peranan public relation dalam lembaga berupaya dalam membentuk dan menciptakan citra bagi organisasi atau lembaganya
  • Tugas Public Relation

Adapun ruang lingkup tugas public relation dalam suatu organisasi/lembaga antara lain: (Rosadi Ruslan, 2007)

  1. Membina hubungan ke dalam (publik internal) yaitu: Publik yang menjadi bagian dari unit/ badan atau lembaga organisasi itu sendiri. Seorang petugas publicrelationharus mampu mengidentifikasi atau mengenai hal-hal yang dapat menimbulkan gambaran negatif di dalam masyarakat, sebelum kabijakan tu dijalankan oleh organisasi atau lembaga.
  2. Membina hubungan ke luar (publik eksternal) yaitu: Publik umum (masyarakat) yang dapat mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif terhadap lembaga yang diwakilinya.

Menurut Payol dalam Effendy (2005) ada beberapa kegiatan dan sasaran public relation antara lain:

  1. Menciptakan identitas dan citra perusahaan yang positif
  2. Mendukung kegiatan penyampaian informasi kepada publik sehingga dapat menciptakan timbal balik dua arah dengan berbagai pihak, menghadapi krisis menangani keluhan-keluhan yang datang dari pihak publik yang menyangkut dengan kebijakan suatu perusahaan atau lembaga tersebut.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

 

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s