Perencanaan Strategis

Kata strategi secara etimologis berasal dari bahasa Yunani “Strategis” yang artinya memimpin. Jadi pengertian strategi pada konteks awal, dapat diartikan sebagai “generalship” atau sesuatu yang dikerjakan oleh para jenderal atau perancang militer dalam membuat rencana untuk menaklukkan musuh dan memenangkan peperangan.

Dalam perkembangan selanjutnya terminology dan konsep strategi digunakan secara luas, baik dikalangan bisnis maupun dikalangan birokrasi pemerintah. Penerapan Strategi oleh kalangan bisnis maupun pemerintah, pada perkembangannya dikemas dalam suatu metode yang saat ini telah dikenal luas yaitu manajemen strategis. Pengintegrasian terminology strategi dan manajemen, sesungguhnya merupakan konsekuensi logis dari upaya untuk mencapai keberhasilan suatu program dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen secara utuh, baik perencanaan, pengorganisasian, pembimbingan (kepemimpinan), pengawasan dan evaluasi.

Manajemen Strategik, menurut Suwarsono (1996:06) dapat diartikan sebagai usaha manajerial menumbuhkembangkan kekuatan perusahaan untuk mengeksploitasi peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan sesuai dengan misi yang telah ditentukan”.

Adapun sistem manajemen strategik menurut Mulyadi dkk (1999:307) meliputi enam tahap utama yakni:

  1. Perumusan strategik
  2. Perencanaan strategik
  3. Penyusunan program
  4. Penyusunan anggaran
  5. Implementasi
  6. Pengendalian.

Dari keenam tahap tersebut, perencanaan strategik merupakan tahap yang paling krusial karena merupakan awal penjabaran strategi kedalam langkah-langkah operasional. Dikatakan demikian, karena dalam perencanaan strategik salah satunya supaya menghasilkan rumusan misi (mission statement), yang dalam sistem manajemen strategik hal tersebut supaya menjadi pemicu (driver) utama dalam setiap perencanaan dan implementasi program kegiatan.

Perencanaan strategis adalah suatu proses yang berkesinambungan yang mencakup keputusan-keputusan atau pilihan-pilihan alternatif penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu pada masa yang akan datang.

Definisi strategi yang dikemukakan oleh Chandler (1962:13) menyebutkan bahwa “Strategi adalah tujuan jangka panjang dari suatu perusahaan, serta pendayagunaan dan alokasi semua sumberdaya yang penting untuk mencapai tujuan tersebut”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s