Keperawatan

Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang bersifat profesional dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia (Biologis, Psikologis, Sosial dan Spritual) yang dapat ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat dalam rentang sehat sakit (Hidayat, 2006).

Fungsi Perawat

Fungsi merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan perannya. Fungsi tersebut dapat berubah disesuaikan dengan keadaan yang ada. Dalam menjalankan perannya, perawat akan melaksanakan berbagai fungsi diantaranya fungsi independen, dependen dan interpenden sebagai berikut: (Hidayat, 2006).

1. Fungsi Independen

Merupakan fungsi mandiri dan tidak tergantung pada orang lain, dimana perawat dalam melaksanakan tugasnya dilakukan secara sendiri dengan keputusan sendiri dalam melakukan tindakan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia seperti pemenuhan kebutuhan fisiologis (pemenuhan kebutuhan oksigenassi, pemenuhan, kebutuhan cairan dan elektrolit, pemenuhan kebutuhan nutrisi, pemenuhan kebutuhan aktivitas dan lain-lain), pemenuhan kebutuhan keamanan dan kenyamanan, pemenuhan kebutuhan cinta mencintai, pemenuhan kebutuhan harga diri dan aktualisasi diri.

2. Fungsi Dependen

Merupakan fungsi perawat dalam melaksanakan kegiatannya atas pesan atau instruksi dari perawat lain. Sehingga sebagai tindakan pelimpahantugas yang diberikan. Hal ini biasanya dilakukan oleh perawat spesialis kepada perawat umum, atau dariperawat primer ke perawat pelaksana.

3. Fungsi Interdependen

Fungsi ini dilakukan dalam kelompok tim yang bersifat saling ketergantungan dia antara tim satu dengan lainnya. Fungsi ini dapat terjadi apabila bentuk pelayanan membutuhkan kerja sama tim dalam pemberi pelayanan seperti dalam memberikan Asuhan Keperawatan pada penderita yang mempunyai penyakit kompleks. Keadaan ini tidak dapat diatasi dengan tim perawat saja melainkan juga dari dokter ataupun lainnya, seperti dokter dalam memberikan tindakan pengobatan bekerja sama dengan perawat dalam pemantauan reaksi obat yang telah diberikan.

Tugas Perawat

Tugas perawat dalam menjalankan perannya sebagai pemberi Asuhan Keperawatan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan dalam proses keperawatan. Tugas perawat ini disepakati dalam lokakarya tahun 1983 yang berdasarkan fungsi perawat dalam memberikan Asuhan Keperawatan adalah sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan data.
  2. Mengalisis dan mengitrepetasikan data.
  3. Mengembangkan rencana tindakan keperawatan.
  4. Menggunakan dan menerapakan konsep-konsep dari prinsip-prinsip ilmu prilaku, sosial budaya, ilmu biomedik dalam melaksanakan Asuhan Keperawatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia.
  5. Menentukan kriteria yang dapat diukur dalam menilai rencana keperawatan.
  6. Menilai tingkat pencapaian tujuan.
  7. Mengindentifikasi perubahan-perubahan yang diperlukan.
  8. Mengevaluasi data permasalahan keperawatan.
  9. Mencatat data dalam proses keperawatan.
  10. Menggunakan catatan klien untuk memonitor kualitas Asuhan Keperawatan.
  11. Mengindentifikasi kebutuhan pendidikan kesehatan.
  12. Membuat rencana pentuluhan kesehatan.
  13. Melaksanakan penyuluhan kesehatan.
  14. Mengevaluasi hasil penyuluhan kesehatan.
  15. Berperan serta dalam pelayanan kesehatan kepada individu,keluarga,kelompok dan masyarakat.
  16. Menciptakan komunikasi yang efektif baik dengan tim keperawatan maupun tim kesehatan lain.
  17. Menerapkan keterampilan manajemen dalam keperawatan klien secara menyeluruh.

Lingkup dan Wewenang Praktek Keperawatan

Lingkup dan wewenang praktek keperawatan ini diatur pada izin praktek keperawatan yang berdasarkan peran dan fungsi perawat dalam melaksanakan tugas, serta dalam memberikan tindakan berdasarkan standar Asuhan Keperawatan yang dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas di antaranya:Falsafah Keperawatan, Tujuan Asuhan Keperawatan, Pengkajian Keperawatan, Diagnosis Keperawatan, Perencanaan Keperawatan, Intervensi keperawatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s