Jenis Kelamin

Jenis kelamin merupakan status biologi yang membedakan antara laki-laki dan wanita (Lukman, 2002). Menurut Barbara (2002) jenis kelamin adalah perbedaan organ seksual antara laki-laki dan perempuan yang juga membedakan fungsinya dalam kehidupan selanjutnya.

Menurut Ahmadi (2002) jenis kelamin adalah suatu perbedaan mendasar yang berhubungan dengan reproduksi dalam suatu jenis, dibagi atas dua bagian yaitu laki-laki dan perempuan. Sementara dalam Depdiknas (2002) dikatakan bahwa jenis kelamin adalah sifat jasmani atau rohani yang membedakan dua mahluk hidup sebagai pria dan wanita.

Hasil population reports (dalam sarwono, 2008), menunjukkanbahwa perilaku seksual remaja lebih tinggi pada remaja putra dari pada remaja putri. Hal ini mungkin berkaitan dengan norma-norma yang kurang ketat bagi kaum pria dari kaum wanita. Di hampir seluruh dunia dan hubungan dengan itu lebih besar pula kemungkinannya bagi kaum pria (termasuk remaja) untuk melakukan berbagai hal ketimbang kaum wanita.

Pada penelitian menunjukkan bahwa remaja laki-laki memang cenderung mempunyai perilaku seks yang agresif, terbuka, gigih, terang-terangan, serta lebih sulit menahan diri dibandingkan remaja perempuan. Akibatnya, banyak remaja perempuan mendapatkan pengalaman pertama hubungan seksual pranikah dari pacarnya(Fauzi dan Wibowo, 2001)

Pusat penelitian kesehatan UI mengadakan penelitian di Manado dan Bitung pada tahun 1997 mendapatkan 6 % dari 400 pelajar SMU putri dan 20 % dari 400 pelajar SMU putra pernah melakukan hubungan seksual(Dien, 2007).

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s