Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU)

Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU)

Lampu Penerangan Jalan Umum adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Penerangan Jalan Umum  Tenaga Surya ( PJU-TS ) sangat cocok digunakan untuk jalan-jalan di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh listrik PLN dan juga daerah-daerah yang mengalami krisis energi listrik terutama di daerah terpencil. Namun belakangan ini PJU Tenaga Surya juga marak diaplikasikan di daerah perkotaan seperti di kawasan jalan-jalan utama, jalan kawasan perumahan, halte bis, tempat parkir, pompa bensin (SPBU) (Alpen, 2013).

 Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) tenaga matahari berbasis LED menggunakan daya yang lebih sedikit. Lampu penerangan jalan (PJU) LED dengan panel surya sebagai sumber listrik. LPJU tenaga matahari tidak membutuhkan kabel listrik. Sangat cocok untuk daerah yang jauh dari jangkauan listrik,instalsi kabel listrik menjadi tidak ekonomis, dan kemudahan instalasi (Indrawan, 2010).

Penerangan Jalan Tenaga Surya merupakan sebuah alternatif yang murah dan hemat untuk digunakan sebagai sumber listrik penerangan karena menggunakan sumber energi gratis dan tak terbatas dari alam yaitu energi matahari.  Menggunakan Modul/Panel Surya dengan lifetime hingga 25 tahun yang berfungsi  menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi listrik melalui proses photovoltaic. Lampu Jalan Tenaga Surya (PJU Tenaga Surya) secara otomatis dapat mulai menyala pada sore hari dan padam pada pagi hari dengan perawatan yang mudah dan efisien selama bertahun tahun.Menggunakan lampu LED jenis hi-power yang sangat terang, hemat energi dan tahan lama . Masa pemakaian Lampu LED bisa mencapai 50.000 jam dengan sumber daya DC. Dengan lamanya interval penggantian lampu berarti juga mengurangi frekuensi dan menghemat biaya operasional pemeliharaan untuk ongkos jasa penggantian bola lampunya saja. Baterai yang digunakan adalah baterai bebas perawatan (maintenance free) jenis VRLA dan tipe Deep Cycle. Dengan menggunakan perangkat ini, kita sudah memiliki sumber energi sendiri tanpa ketergantungan dengan pihak lain, hemat BBM, dan ramah lingkungan. PJU Tenaga Surya  beroperasi secara mandiri dan tidak memerlukan kabel jaringan antar tiang sehingga instalasinya menjadi sangat mudah, praktis, sangat ekonomis dan tentunya dapat terhindar dari black out total jika terjadi gangguan (Alpen, 2013).

Ketinggian LPJU

Lampu penerangan jalan (PJU) tenaga matahari mempunyai ketinggian tiang yang berbeda-beda, mulai dari 7 M s/d 9 M. Jarak antar tiang juga bervariasi mulai dari 15 M s/d 40 M. Jarak antar tiang tergantung ketinggian tiang, jenis lampu, dan cahaya yang dibutuhkan (brightness) (Alpen, 2013).

 Secara keseluruhan sistem ini dirancang untuk penyediaan cahaya penerangan umum dengan sumber energi terbaru, bebas biaya perawatan dan berumur ekonomis lama. Dengan sistem pemasangan yang cepat dan mudah, PJU LED Tenaga Surya dapat menjadi solusi yang cepat dalam mengatasi kebutuhan penerangan jalan umum (Alpen, 2013).

Keungulan LPJU

Menurut Alpen (2013), keunggulan LPJU sebagai berikut:

  1. Terang dan tahan lama
  2. Hemat energi
  3. Ramah lingkungan
  4. Bebas polusi
  5. Cepat dan mudah dalam pemasangan
  6. Hemat biaya perawatan
  7. Life time yang lama (lampu LED hingga 11 tahun dan solar panel hingga 25 tahun)
  1. Cocok dipasang di segala lokasi
  2. Tersedia dengan daya mulai dari lampu dengan daya 15w (950Lm) -168w (14.558 Lm)

Aplikasi LPJU

Menurut Alpen (2013), aplikasi LPJU sebagai berikut:

  1. Jalan umum
  2. Lampu taman
  3. Lampu penerangan daerah wisata
  4. Lampu dermaga
  5. Lampu lapangan parkir
  6. Lampu jalan raya terpencil
  7. Lampu jalan pedesaan
  8. Lampu lapangan olah raga
  9. Area kampus
  10. Lingkungan perumahan
  11. Area SPBU
  12. Area pabrik
  13. Daerah pegunungan
  14. Daerah pantai
  15. Halte bus

Pertimbangan Penggunaan LPJU

Beberapa pertimbangan penggunaan lampu jalan berbasis panel surya/solar cell dan LED: (Indrawan, 2010).

  1. Daya tahan perangkat panel surya dan lampu LED
  2. Tanpa jaringan kabel listrik, bersifat mandiri, menggunakan tenaga matahari
  3. Tidak merusak fasilitas dengan penggalian kabel
  4. Tanpa perawatan
  5. Instalasi sangat mudah
  6. Kemudahan pemindahan

Lampu penerangan jalan (PJU) tenaga matahari mempunyai ketinggian tiang yang berbeda-beda, mulai dari 5 M s/d 14 M. Jarak antar tiang juga bervariasi mulai dari 15 M s/d 40 M. Jarak antar tiang tergantung ketinggian tiang, jenis lampu, dan cahaya yang dibutuhkan (brightness) (Indrawan, 2010).

Warna cahaya yang dipilih lampu penerangan jalan biasanya yang tergolong ‘warm light‘ bukan ‘cool light‘. Cool light atau identik dengan warna putih sepintas jauh lebih terang, tetapi untuk cuaca buruk seperti asap, kabut, hujan gerimis maupun hujan deras warna ‘cool light‘ sangat tidak dianjurkan. Sedangkan ‘warm light’ yang identik dengan warna kuning dipilih karena masalah safety. Dalam kondisi cuaca buruk maka warna kuning masih dapat tembus sampai ke retina mata kita (Indrawan, 2010).

Terang tidaknya suatu penerangan biasanya diukur dalam satuan lumen yang merupakan satuan luminasi flux. Sedangkan bila perangkat penerangannya sudah terpasang maka kekuatan cahaya (illuminasi rata-rata) yang sampai ke obyek biasanya diukur dalam satuan lux atau lumen/m2. Untuk aplikasi penerangan jalan umum iasanya diukur dalam lux per berapa meter ketinggian sumber cahaya ke alat ukur. Contoh PJU yang mempunyai luminasi flux sebesar 6075 lumen mempunyai illuminasi rata-rata 15 lux / 10m (Indrawan, 2010).

Untuk mengakomodasi penghematan energi untuk penerangan jalan umum lampu hemat energi dengan lifetime yang lama maka dipakailah teknologi LED untuk PJU. Daya tahannya bisa s/d 50.000 jam dengan sumber daya DC, bandingkan dengan lampu hemat energi AC buatan merk terkenal yang notabene cuma bisa bertahan beberapa ribu jam saja dengan pemakaian daya yang lebih besar. Dengan lamanya interval penggantian lampu berarti juga menghemat biaya operasional untuk ongkos jasa penggantian bola lampunya saja (Indrawan, 2010).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s