Analisis Pembelajaran Organisasi Kelompok Gugus Kendali Mutu (GKM) Anggrek Di Rumah Sakit

ABSTRAK

xii + 59 Halaman, 4 Lampiran

Sistem GKM yang diterapkan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan yang disesuaikan dengan kondisi yang ada. Pembelajaran dalam GKM melibatkan adanya tindakan/perilaku yang artinya suatu perubahan bertindak ataupun berfikir. Salah satu pembelajaran organisasi yang diterapkan dalam pelatihan sumber daya manusia di RSUD Dr M.Yunus Bengkulu adalah GKM. Sehingga organisai pembelajaran ini sangat penting bagi kelompok GKM yang ada di. Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran organisasi kelompok GKM Anggrek RSUD dr M Yunus Bengkulu yang dinjau dari 6 indikator.

Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sampel diambil sebanyak 5 orang anggota kelompok GKM Anggrek. Dengan kriteria 1) bertugas di ruang anggrek  dan 2) terlibat di dalam kelompok GKM. Teknik analisis data mencakup tiga kegiatan yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan (verifikasi).

Hasil penelitian ditinjau dari sistem berfikir menunjukkan anggota GKM Anggrek sudah memiliki perencanaan namun pelaksanaanya belum dilakukan, ditinjau dari model mental menunjukkan pemahaman pegawai belum cukup baik,  ditinjau dari keahlian personil menunjukkan anggota masih kurang peduli terhadap kegiatan dan masih banyak anggota yang belum memiliki komitmen untuk kelangsungan organisasi, ditinjau dari kerjasama tim menunjukkan masih banyak anggota tidak mencurahkan pendapatnya dan tidak peduli, belum memiliki tidak memiliki kemauan membangun kapasitas team work, tidak memiliki inovasi dalam, dan kurang koordinasi dan komunikasi,  ditinjau dari keahlian membagi Visi bersama menunjukkan anggota kurang memusatkan perhatiannya dalam melaksanakan tugas tugasnya dan tidak memiliki orientasi untuk mengembangkan anggota, ditinjau dari Dialog menunjukkan anggota sudah mendengar masukan-masukan dari rekan, namun anggota tidak mau melaksanakan tugasnya dan tidak mau berkreativitas untuk kemajuan GKM Anggrek.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s