HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN (HB) DENGAN KESEGARAN JASMANI SISWA PUTERA SLTP NEGERI

ABSTRAK

By. Elda Faniza

Hemoglobin merupakan protein utama dalam tubuh manusia yang diketahui berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan perifer dan mengangkut karbondioksida dari jaringan perifer ke paru-paru. Kesegaran jasmani sangat dipengaruhi oleh kadar hemoglobin, apabila kadar hemoglobin tidak normal maka kebutuhan akan energi untuk melakukan kegiatan fisik akan berkurang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kadar hemoglobin (Hb) dengan kesegaran jasmani pada siswa putera SLTP Negeri I Tanjung Iman Kecamatan Kaur Tengah Kabupaten Kaur, sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kadar hemoglobin (Hb) siswa putera SLTP Negeri I Tanjung Iman, (2) untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa putera SLTP Negeri I Tanjung Iman,(3) untuk mengetahui hubungan kadar hemoglobin (Hb) dengan kesegaran jasmani siswa putera SLTP Negeri I Tanjung Iman. Penelitian ini dilaksanakan di SLTP Negeri I Tanjung Iman Kecamatan Kaur Tengah Kabupaten Kaur pada bulan Juni – Juli 2009.

Metode penelitian yang digunakan adalah Survei Analitik dengan rancangan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putera kelas II SLTP Negeri I Tanjung Iman. Sampel penelitian ini berjumlah 39 orang yang di ambil secara purpusive sampling yaitu pada kelas II. Data diolah secara univariat dan bivariat dengan bantuan SPSS. Teknik analisa data dilakukan dengan perhitungan statistik Uji korelasi Product Moment.

Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh nilai sebagai berikut: Rata-rata kadar hemoglobin siswa SLTP Negeri I Tanjung Iman adalah13,7 termasuk kategori normal dan Rata-rata kesegaran jasmani siswa SLTP Negeri I Tanjung Iman adalah 11,6 termasuk kategori sedang. Hasil uji statistik korelasi product moment antara kadar hemoglobin dengan kesegaran jasmani diperoleh angka 0,391 yang menunjukkan hubungan yang tidak erat atau lemah. Agar selalu membina dan memelihara tingkat kesegaran jasmani dengan melakukan latihan olahraga secara  rutin dan teratur.

Kata kunci : Kadar Hemoglobin, Kesegaran Jasmani

http://lubmazreserach.wordpress.com

cell phone : 081273221213

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s