TESIS : MOTIVASI DAN KINERJA PEGAWAI BIDANG BINA MARGA: STUDI KASUS PEMBANGUNAN JALAN DAN JEMBATAN PADA DINAS PEKERJAAN UMUM

RINGKASAN

By Melly Haryani

Motivasi (motivation) dalam manajemen hanya ditujukan pada sumber daya manusia umumnya dan bawahan khususnya. Motivasi mempersoalkan bagaimana caranya mengarahkan daya dan potensi bawahan, agar mau bekerja sama secara produktif berhasil mencapai dan mewujudkan tujuan yang telah ditentukan. Pentingnya motivasi karena motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan dan mendukung perilaku manusia, supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal. Motivasi ini semakin penting karena pimpinan membagikan pekerjaannya kepada bawahannya untuk dikerjakan dengan baik dan terintegrasi kepada tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi dan Kinerja Pegawai Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum di Provinsi Bengkulu.

Penelitian ini bersifat deskriftif  kualitatif yaitu penelitian yang menggali permasalahan atau fenomena di lapangan, agar mendapatkan pemahaman tentang permasalahan yang sedang terjadi. Sampel yang diambil adalah 10% dari populasi yaitu berjumlah 41 orang dengan teknk cluster proporsional sampling. Untuk mendapatkan informasi mengenai motivasi dan kinerja, peneliti juga melakukan wawancara untuk melengkapi, mendukung dan memperkuat hasil penelitian yang didapat dari penyebaran kuesioner kepada 6 orang pegawai Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum di Provinsi Bengkulu. Analisis deskriptif dilakukan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan karakteristik masing-masing variabel yang diteliti. Kemudian dilakakukan analisis data kualitatif yaitu: reduction, display, conclusion drawing/verification.

Motivasi kerja pegawai Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu relatif baik, ini dikarenakan pegawai sudah terdorong untuk melaksanakan pembangunan jalan dan jembatan sebaik mungkin dan pegawai sudah mendapatkan insentif dalam melaksanakan pembangunan jalan dan jembatan. Demikian pula halnya dengan kinerja pegawai relatif baik. Hal ini dikarenakan keberhasilan pelaksanaan pembangunan jalan dan jembatan yang dilakukan pegawai mendukung proses berjalannya kegiatan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu dan pegawai sudah memiliki Dokumen Pelaksanaan Anggaran dalam pembangunan jalan dan jembatan.

Untuk itu pimpinan diharapkan tetap mempertahankan pelaksanaan pemberian insentif, agar motivasi kerja pegawai dapat terus meningkat dalam melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya dan pimpinan hendaknya dalam melaksanakan tugas tetap terus bekerja sesuai dengan prosedur yang ada sehingga proses kegiatan dapat berjalan secara efektif dan efisien, hingga tercapainya tujuan yang diinginkan sesuai dengan Visi dan Misi Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu.

Kata Kunci: Motivasi, Kinerja

http://lubmazreserach.wordpress.com

Contact person. 081273221213

Iklan

29 pemikiran pada “TESIS : MOTIVASI DAN KINERJA PEGAWAI BIDANG BINA MARGA: STUDI KASUS PEMBANGUNAN JALAN DAN JEMBATAN PADA DINAS PEKERJAAN UMUM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s