HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DENGAN KEJADIAN MALARIA PADA PASIEN DI PUSKESMAS

ABSTRAK

By. Sofyan

Malaria merupakan salah satu penyebab utama kefatalan dan kematian lebih dari 100 juta kasus dan setidaknya 1 juta kematian setiap tahunnya. Di Puskesmas Air Bintunan Kabupaten Bengkulu Utara jumlah penderita Malaria klinis yaitu sebesar 1.502 orang dan Malaria positif sebesar 633 (42,14%) orang, jumlah ini tertinggi jika dibandingkan dengan 18 (delapan belas) Puskesmas yang di Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan perilaku tentang pencegahan Malaria dengan kejadian Malaria di Puskesmas Air Bintunan Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2011.

Jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Populasi seluruh pasien yang berkunjung ke Puskesmas Air Bintunan Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2011, berdasarkan populasi tahun 2010 yang berjumlah 633 orang. Sampel sampel sebesar 63 pasien diambil 10% dari populasi dengan teknik accidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Untuk melihat hubungan variabel independent dan dependent menggunakan uji statistik uji chi square.

Hasil penelitian menunjukkan lebih dari separuh (63.5%) responden memiliki pengetahuan rendah, lebih dari separuh (52.4%) responden memiliki perilaku kurang baik, lebih dari separuh (63.5%) responden mengalami kejadian Malaria.  Hasil uji statistik chi square ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan perilaku dengan kejadian Malaria. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman atau acuan petugas program Malaria untuk menentukan program usaha mengembangkan promotif dan preventif, agar pravelensi penyakit malaria dapat di tanggulangi dan diharapkan dapat menjadi pedoman atau acuan petugas kesehatan khususnya perawat dalam memberikan pelayanan pada pasien penderita malaria.

Kata Kunci : Pengetahuan, Perilaku, Malaria

Iklan

2 pemikiran pada “HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DENGAN KEJADIAN MALARIA PADA PASIEN DI PUSKESMAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s