HUBUNGAN PEMBERIAN INSENTIF DENGAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI RUMAH SAKIT

ABSTRAK

Gadis Yudra

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemberian insentif dan motivasi kerja serta mengetahui hubungan pemberian insentif dengan peningkatan motivasi kerja kerja pegawai di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu.

Insentif adalah sarana motivasi dapat diberikan bantuan sebagai suatu perangsang ataupun pendorong yang diberikan kepada para pekerja agar dalam diri mereka timbul semangat yang lebih besar untuk berprestasi. Motivasi adalah suatu kondisi yang berpengaruh untuk membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja.

Penelitian ini penelitian deskriftif kuantitatif dengan rancangan cros sectional. Populasi penelitian ini seluruh pegawai Rumah Sakit Bhayangkara Kepolisian Daerah Bengkulu. Sampel diambil secara accidental sampling. Analisis data dilakukan adalah analisis univariat untuk menggambarkan distribusi frekuensi dari variabel independen maupun dependen dan analisis bivariat untuk melihat hubungan antara variabel independent dan variabel dependent menggunakan uji statistik chi square

Hasil penelitian menunjukkan dari 54 responden sebanyak 38 orang menyatakan insentif rendah dan 16 orang menyatakan insentif tinggi. Hasil penelitian menunjukkan dari 54 responden sebanyak 32 orang memiliki motivasi kerja rendah, dan 22 orang memiliki motivasi kerja tinggi. Hasil analisis uji statistik chi-square didapat nilai X2=11.054 dengan p=0.001<0,05 berarti ada hubungan yang bermakna antara pemberian insentif dengan kinerja Pegawai di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu.

Diharap kepada pihak rumah sakit untuk memberikan insentif yang disesuaikan dengan beban tugas dari masing-masing pegawai, dan jika memungkinkan dapat ditingkatkan secara periodik dan proporsional, agar motivasi kerja pegawai Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu dapat menjadi tinggi.

Kata Kunci: Insentif, Kinerja, Rumah Sakit

http://lubmazreserach.wordpress.com

Contact person. 081273221213

Iklan

4 pemikiran pada “HUBUNGAN PEMBERIAN INSENTIF DENGAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI RUMAH SAKIT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s