PENERAPAN PELAYANAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) PADA POLI PENYAKIT DALAM RSUD

ABSTRAK

xi + 42 Halaman, 5 Lampiran

Yuli Rahmat

Jamkesmas adalah program bantuan sosial untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Program ini diselenggarakan secara nasional agar terjadi subsidi silang dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh bagi masyarakat miskin. Rumusan masalah adalah bagaimana penerapan pelayanan pasien jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) di poli penyakit dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan alur pelayanan pada pasien Jamkesmas di poli penyakit dalam.

Jenis penelitian ini kualitatif dengan analisis Data reduction, Data display dan Data conclusion drawing/verification. Teknik Keabsahan Data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi Sumber yaitu untuk menguji kredebilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh dari beberapa sumber yaitu 1 orang dokter, 2 orang perawat dan 2 orang pasien

Penelitian menunjukkan prosedur pelayanan pasien Jamkesmas di mulai pada bagian pendaftaran dengan membawa surat rujukan dari Puskesmas dan membawa kartu jamkesmas asli untuk mendapatkan surat jaminan pelayanan masyarakat dan surat keabsahan jamkesmas. Kemudian di bawa ke tim pengendali jamkesmas untuk mendapatkan keabsahan, kartu poliklinik dan nomor pasien. Setelah kebagian Jamkesmas pasien membawa kartu poliklinik, nomor pasien dan surat rujukan ke poli penyakit dalam, setelah mendapatkan pengobatan baru pasien di beri resep untuk mengambil obat di apotik. Sedangkan alur pelayanan pasien Jamkesmas yaitu rujukan puskesmas, kemudian bagian pendaftran setelah itu loket pengendali jamkesmas dan diteruskan ke poliklinik, dan apotik.

Terima Kasih telah Berkunjung Ke situs https://lubmazresearch.wordpress.com

Contact person. 081273221213

Iklan

2 pemikiran pada “PENERAPAN PELAYANAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) PADA POLI PENYAKIT DALAM RSUD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s