FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU DESA SEMELAKO

ABSTRAK

Depi Perianti

Kejadian gizi buruk di desa Semelako pada bulan April berjumlah 7 orang. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui adanya hubungan pendidikan Ibu, pengetahuan ibu dan pendapatan keluarga dengan status gizi balita di Posyandu Desa Semelako Kabupaten Lebong.

Status gizi adalah keadaan gizi seseorang atau masyarakat sebagai hasil metabolisme dari zat-zat gizi yang di komsumsi tubuh karena itu ketersediaan zat gizi didalam tubuh menentukan status gizi apakah kurang, optimun atau baik (Markum, 1991). Penilaian Status Gizi pada penelitian ini menggunakan baku rujukan WHO–NCHS sebagai pedoman dalam menetukan status gizi balita.

Penelitian ini dilakukan dengan rancangan accidental sampling yaitu penelitian dimana variabel yang termasuk faktor risiko dan efek diobservasi sekaligus pada waktu yang sama (Notoatmodjo, 2002). Populasi dalam peneliti ini adalah ibu-ibu yang mempunyai balita di Posyandu desa Semelako sebanyak 31 orang. Penelitian dilakukan di Posyandu desa Semelako pada bulan September 2007 dan  Analisis digunakan untuk melihat faktor pendapatan keluarga, pendidikan ibu dan pengetahuan ibu dengan menggunakan uji Chi-Square (Fisher’s Exact Test) untuk melihat hasil kemaknaan perhitungan digunakan batas kemaknaan 0,05.

Hasil uji statistic Chi-Square (Fisher’s Exact Test) didapat nilai Exact sig (p) = 0,002 karena nilai P < 0,05 maka secara statistik dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan ibu dengan status gizi balita. Hasil uji statistic Chi-Square (Fisher’s Exact Test) didapat nilai Exact sig (p) = 0,012 karena nilai P < 0,05 maka secara statistik dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu  dengan status gizi balita Hasil uji statistic Chi-Square (Fisher’s Exact Test) didapat nilai Exact sig (p) = 0,028 karena nilai P < 0,05 maka secara statistik dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara pendapatan keluarga   dengan status gizi balita.

https://lubmazresearch.wordpress.com

Contact person. 081273221213

Iklan

2 pemikiran pada “FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU DESA SEMELAKO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s