FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU IBU DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS

ABSTRAK

Oleh : Heni Andaini

Di Puskesmas Pasar Ikan Kota Bengkulu terdapat jumlah Bayi 472 orang dan ibu-ibu yang memberikan ASI secara eksklusif terhadap bayi yaitu sebanyak 233 (49,36%). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan pendidikan, pengetahuan, sikap, dengan perilaku ibu dalam pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Pasar Ikan Kota Bengkulu.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu-ibu yang mempunyai bayi 0-6 bulan yang berjumlah 472 bayi sedangkan sampel ibu yang mempunyai bayi umur 0-6 bulan yang berkunjung ke Puskesmas Pasar Ikan dengan teknik accidental  sampling yang diambil sebanyak 20 % dari populasi yang berjumlah 94 orang. Penelitian ini mengunakan rancangan cross sectional. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisa univariat dan bivariat dan uji statistik chi-square.

Hasil analisis menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara pendidikan dengan perilaku ibu. Hasil analisis menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan perilaku ibu. Hasil analisis menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara sikap dengan perilaku ibu.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman atau acuan petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar perilaku ibu dapat menjadi lebih baik dan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa tentang permasalahan perilaku ibu dalam memberikan ASI Eklusif.

https://lubmazresearch.wordpress.com

Contact person. 081273221213

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s