ANALISIS KETIDAKPATUHAN IBU DALAM MELAKSANAKAN PEMERIKSAAN ANTENATAL CARE (ANC) PADA TENAGA KESEHATAN DI DESA NAPAL

ABSTRAK

by. Susilawati :

Hasil wawancara dengan seorang bidan desa yang bertugas di desa Nafal mengatakan bahwa: cakupan pelayanan Antenatal Care (ANC) di desa Napal sebesar 70%, dan  hasil wawancara dengan petugas bagian Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Kota Tais mengatakan bahwa di desa Napal dari 10 (sepuluh) orang ibu hamil hanya 3 orang ibu hamil yang patuh memeriksakan secara teratur dan lengkap, sedangkan 7 orang ibu hamil tidak memeriksakan kehamilannya secara teratur dan lengkap. Tujuan Penelitian mengetahui latar belakang ketidakpatuhan ibu dalam memeriksakan Antenatal Care pada Tenaga Kesehatan.

Pemeriksaan Antenatal Care adalah pelayanan KIA yang mepunyai tugas untuk pemeriksaan kehamilan dan konseling pada ibu hamil yang baik dan bermutu agar dapat dicegah komplikasi yang mungkin terjadi selama kehamilan dan persalinan. Jadwal pemeriksaan kehamilan minimal empat kali selama kehamilan yaitu: Kunjungan pertama (K1) satu kali pada trimester pertama yaitu sebelum 14 minggu umur kehamilan, Kunjungan kedua (K2) satu kali pada trimester kedua yaitu antara minggu ke 14-28 minggu umur kehamilan, dan Kunjungan ketiga dan keempat (K3 dan K4) yaitu dua kali selama trimester tiga antara minggu ke 28-36 minggu umur kehamilan dan sesudah minggu 36 umur kehamilan.

Jenis penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, yaitu; dengan cara mengadakan tanya jawab langsung dengan responden mengenai hal-hal yang mau diteliti. Sumber dalam penelitian ini adalah 7 (tujuh) orang ibu hamil yang tidak patuh dalam melaksanakan pemeriksaan kehamilan secara lengkap di desa Nafal.

Hasil wawancara tentang kehamilan kebanyakan ibu-ibu belum mengerti tujuan pemeriksaan kehamilan, dimaksud pemeriksaan kehamilan dan berapa kali seharusnya kita memeriksakan kandungan selama hamil, hasil wawancara pada ibu hamil di desa Napal mereka tidak patuh memeriksakan kehamilannya karena mereka tidak percaya pada pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan (Bidan) karena bidannya masih terlalu muda, sehingga belum mempunyai banyak pengalaman dan hasil wawancara  pada ibu hamil di desa Napal mereka tidak patuh memeriksakan kehamilannya karena petugas kesehatan (bidan) yang bertugas di desa Napal tersebut kurang ramah dan kadang kalah berbicara kasar dalam hal melayani pasien.

https://lubmazresearch.wordpress.com

Contact person. 081273221213

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s