KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DI BALITBANG PROVINSI

ABSRAK

Oleh Susi Elvina (1)

RINGKASAN

Berdasarkan hasil wawancara dengan pegawai Balitbang Provinsi Bengkulu mengatakan banyak pegawai tidak puas dalam bekerja, hal ini kemungkinan dikarenakan sering terjadi ketidakadilan dalam pemberian Kompensasi dan tidak dilibatkannya pegawai dalam proses pengambilan keputusan padahal pekerjaan tersebut merupakan wewenang dan tanggung jawabnya. Hasil observasi yang dilakukan, terlihat pegawai di Balitbang telah menerima gaji yang cukup adil untuk suatu pekerjaan, gaji yang diterima adalah gaji pokok penghasilan bulanan. Insentif ataupun kompensasi lainnya tidak didapatkan oleh pegawai, padahal seharusnya sebagai tenaga fungsional mendapatkan tunjangan atau kompensasi yang setimpal. Ini menyebabkan kurangnya motivasi pegawai terhadap pekerjaan. Selain karena kurangnya pekerjaan yang bisa dilakukan dan tidak adanya jaminan kelangsungan pekerjaan pegawai di Balitbang, membuat pegawai menjadi malas untuk berada di kantor selama jam kerja. Saat ini Balitbang sudah membentuk tim peneliti namun mereka belum terlatih dan bersertifikat, karena untuk mengirim pegawai menjadi tenaga peneliti terlatih memerlukan biaya yang cukup tinggi. Faktor biaya maupun sarana dan prasarana yang sangat terbatas di Balitbang menjadi kendala bagi pegawai yang ingin mendapatkan kesempatan untuk belajar dan menggunakan keterampilan/keahlian yang baru. Karena Balitbang tidak menjamin pengembangan masa depan pegawainya sehingga karir pegawai terhambat untuk tumbuh dan berkembang. Hak-hak pribadi pegawai cukup dilindungi di Balitbang, misalnya bagi karyawati yang sedang hamil diberikan banyak kelonggaran dan dispensasi, karena pertimbangan yang terkadang tidak adanya pekerjaan yang harus diselesaikan oleh pegawai tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kehidupan kerja pegawai di Balitbang Provinsi Bengkulu.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan  pada  kantor  Balitbang Provinsi Bengkulu berjumlah 34 orang. Prosedur yang digunakan adalah purposive yaitu teknik pengambilan responden yang berjumlah 14 orang ini dipilih berdasarkan penilaian atau pandangan dari peneliti berdasarkan tujuan dan maksud  penelitian.

Hasil penelitian mengimplikasikan bahwa lingkungan kerja di Balitbang kurang baik, kompensasi pegawai yang diterima belum cukup memadai, dan partisipasi pegawai masih rendah serta restrukturisasi kerja masih belum baik, hal ini dikarenakan sering tidak ada kegiatan, dan pegawai tidak selalu dilibatkan dalam setiap pekerjaan, serta tidak memiliki kesempatan untuk berkembang, sehingga dalam melakukan pekerjaan mereka tidak berusaha sebaik mungkin.

Diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan kerja pegawai dengan memperhatikan dan dapat memperbaiki lingkungan kerja yang dirasakan pegawainya tidak nyaman, seperti melakukan melakukan penataan dan penambahan meja di ruangan dan memperbarui dinding kantor sudah kusam serta mendesain warna baru yang tidak membosankan, sehingga pegawai Balitbang Provinsi Bengkulu dapat bekerja dalam lingkungan yang nyaman, dapat memberikan penghargaan kepada pegawainya yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik, dan dapat memberikan pelatihan-pelatihan yang dapat menunjang pekerjaan-pekerjaan pegawai di kantor, dan dapat menempatkan pegawai sesuai bidang keahliannya masing-masing, sehingga pegawai dapat menyumbangkan pimikirannya dalam melaksanakan pekerjaan dan tujuan organisasi dapat tercapai serta dapat selalu melibatkan pegawai dalam setiap pekerjaan, serta memberikan kesempatan untuk berkembang, dengan memberikan mereka pelatihan-pelatihan tentang pekerjaan yang dilakukannya, sehingga pekerjaan dapat di selesaikan dengan baik.

Kata Kunci:  Kualitas Kehidupan Kerja dan Balitbang Propinsi Bengkulu

https://lubmazresearch.wordpress.com

Contact person. 081273221213

Iklan

33 respons untuk ‘KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DI BALITBANG PROVINSI

  1. Ping-balik: Tip and Trik Telepon/sms Gratis «

  2. Ping-balik: Wajah SIPKD « SIPKD KABUPATEN MAMUJU

  3. Ping-balik: Rakyat pemalas, rajin tidak bertempat « Innerblog

  4. Ping-balik: Berinternet Dengan Telkomsel Flash | RayNet Blog

  5. Ping-balik: Islam Tak Mengajarkan Kekerasan | RayNet Blog

  6. Ping-balik: Facebook Buka Aplikasi Putar Film | RayNet Blog

  7. Ping-balik: Visi Dan Misi Kota Manado 2010 – 2015 | TABEA MANADO

  8. Ping-balik: Polri Adalah Penegak Hukum Yang Harus Bersih | TABEA MANADO

  9. Ping-balik: Paket Berisi Bom, Marak Di Jakarta | TABEA MANADO

  10. Ping-balik: Adakah Kekerasan Berdasarkan Agama ? | RayNet Blog

  11. Ping-balik: Indonesia : 6 Award Bidang Pariwisata | PESONA MANADO BLOG

  12. Ping-balik: Jelajahi Wisata Alam Sulawesi Utara | PESONA MANADO BLOG

  13. Ping-balik: Cara memahami kode warna pada HTML « Trik-Tips Blogs | Computers | Anymore

  14. Ping-balik: Marine Tourism « RAFANS PERSONAL BLOG

  15. Ping-balik: Atraksi Pariwisata « RAFANS PERSONAL BLOG

  16. Ping-balik: Mengemas Pelayanan Produk Pariwisata « RAFANS PERSONAL BLOG

  17. Ping-balik: Khasiat dan Kandungan Kacang Merah «

  18. Ping-balik: Ekowisata Di Indonesia | KEPARIWISATAAN BLOG

  19. Ping-balik: Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) | KEPARIWISATAAN BLOG

  20. Ping-balik: Paradigma Baru Pembangunan Kepariwisataan | KEPARIWISATAAN BLOG

  21. Ping-balik: BELAJAR HTML « Andreas Toberick Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s