GAMBARAN UPAYA PENCEGAHAN KEKAMBUHAN PENYAKIT ASMA BRONKIALE DITINJAU DARI TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN DI POLI PARU RSUD

ABSTRAK

By. Arfyana, Indaryani

Penyakit Asma Bronkiale merupakan salah satu ancaman dalam kehidupan dan kesehatan, dimana penyakit ini dapat kambuh kembali. Kekambuhan penyakit asma bronkiale dapat diatasi dengan menghindari faktor-faktor pencetus sebagai upaya dalam pencegahan kekambuhan asma bronkiale. Menurut Notoatmodjo (2000) upaya pencegahan kekambuhan penyakit sangat dipengaruhi oleh pengetahuan, karena tanpa pengetahuan yang baik, terkoordinasi dengan baik maka penyakit tidak dapat dicegah kekambuhanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pencegahan kekambuhan penyakit asma bronkiale ditinjau dari pengetahuan pasien di poli paru RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Penelitian ini telah dilakukan di Ruang Poli Paru RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Pada tanggal 23 Juni sampai dengan tanggal 23 Juli 2010 dengan jumlah responden 45 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling, pengambilan data dilakukan secara primer dengan menyebarkan kuisioner dan wawancara menggunakan chek list. Hasil penelitian ini diperoleh sebagian besar upaya pasien dalam pencegahan kekambuhan penyakit Asma Bronkiale adalah baik sebanyak 38 orang, sebagian besar tingkat pengetahuan pasien tentang penyakit Asma Bronkiale adalah baik sebanyak 32 orang. Dari 38 pasien yang upaya pencegahan  kekambuhan Asma Bronkiale baik, sebanyak 25 pasien dengan pengetahuan baik dan dari 7 pasien yang upaya pencegahan  kekambuhan Asma Bronkiale kurang, semua pasien dengan pengetahuan baik. Diharapkan agar petugas kesehatan khususnya ruangan Poli Paru RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dapat terus membina dan membimbing pasien tentang upaya pencegahan kekambuhan penyakit Asma Bronkiale sehingga pasien dapat menghindari kekambuhan penyakit Asma Bronkiale.

Kunci kata        : Upaya Pencegahan Kekambuhan Asma Bronkhial, Pengetahuan

Daftar Pustaka  : (1998-2008)

https://lubmazresearch.wordpress.com.

Contact person. 081273221213

Iklan

5 pemikiran pada “GAMBARAN UPAYA PENCEGAHAN KEKAMBUHAN PENYAKIT ASMA BRONKIALE DITINJAU DARI TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN DI POLI PARU RSUD

  1. Selamat siang Mas Hadi.. saya mahasiswi yang sedang merencanakan penelitian seputar upaya pencegahan tetapi saya kesulitan mencari alat ukur untuk menginterpretasikan upaya responden penelitian.. mohon sarannya saya bisa menemukan dimana? terima kasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s