ABSTRAK

By. Yopi

xiii + 58 Halaman, 3 Tabel, 9 Lampiran

Hasil wawancara petugas Gizi mengatakan sistem pengadaan bahan makanan dilakukan secara swakelola dengan menunjukkan rekanan dan menyimpan bahan makanan kering belum tersedianya kartu stok. Hasil observasi bahan makanan yang masuk ke ruang penyimpanan, tidak periksa ulang  tidak ditimbang. Ruang penyimpanan bahan makanan kering terlihat tidak di manfaatkan secara baik.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sistem Penerimaan, Penyimpanan, dan  Penyaluran Bahan Makanan di Instalasi Gizi RSUD Kabupaten Kepahiang.

Penerimaan bahan makanan proses kegiatan memeriksa, meneliti, mencatat, memutuskan, dan melaporkan waktu penerimaan, macam jumlah, serta spesifikasinya menurut permintaan/pesanan. Penyimpanan bahan makanan tata cara menata, menyimpan, memelihara, keamanan bahan makanan kering dan basah baik kualitas maupun kuantitas di gudang serta pencatatan dan pelaporannya. Penyaluran bahan makanan tata cara mendistribusikan berdasarkan permintaan harian.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian ini petugas Instalasi Gizi. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik data reduction, data display dan data conclusion drawing/verification. Teknik Keabsahan Data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penerimaan, penyimpanan, dan penyaluran bahan makanan di Instalasi Gizi RSUD Kabupaten Kepahiang diindikasikan belum berjalan dengan baik.

Bagian penerimaan diharapkan dapat menimbang setiap kali penerimaan, dan mengadakan alat timbangan. Bagian penyimpanan diharapkan dapat menerapkan sistem yang baik dengan memanfaatkan gudang, membuat kartu stok dan mencatat dengan buku induk. Bagian penyaluran dapat membuat perincian yang diterima, dikeluarkan dan perhitungan saldo bahan makanan yang disalurkan.

Kata Kunci: Penerimaan, Penyimpanan dan Penyaluran.

https://lubmazresearch.wordpress.com

Contact person. 081273221213