ANALISIS PERENCANAAN KEBUTUHAN TENAGA GIZI DI UNIT INSTALASI GIZI RSJKO

ABSTRAK

Oleh: Wahidin

Sumber daya manusia adalah salah satu unsur terpenting dalam suatu organisasi, tidak terkecuali di rumah sakit, salah satu sumber daya manusia yang dimiliki rumah sakit adalah tenaga gizi. Tenaga gizi adalah salah satu aset yang paling berharga yang dimiliki Rumah Sakit sehingga perlu pengolahan dan tujuan pelayanan di Rumah Sakit.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan kebutuhan tenaga gizi di Unit Instalasi Gizi dan bagaimana proyeksi kebutuhan tenaga gizi di Unit Instalasi Gizi RSJKO Soeprapto Daerah Bengkulu khususnya sehingga kita dapat mengetahui perencanaan kebutuhan tenaga gizi diruang instalasi gizi  di RSJKO Soeprapto Daerah Bengkulu

Jenis Penelitian ini adalah diskriftif kualitatif, pengambilan data dimabil dari observasi dan pengamatan langsung di RSJKO Soeprapto Daerah Bengkulu khususnya di unit instalasi gizi dan melalui wawancara dengan Ka, Sub SDM, Ka. Bid penunjang Medik dan Kepala Instalasi Gizi RSJKO Soeprapto Daerah Bengkulu.

Pengolahan data dilakukan dengan mengamati rata –rata pasien perhari, jumlah jam kerja efektif diruang instalasi gizi, jumlah tenaga gizi di Unit Instalasi Gizi dengan melakukan analisis data berdasarkan tingkat jumlah dan kebutuhan tenaga gizi di Rumah Sakit Jiwa,  berdasarkan standarisasi tenaga gizi untuk Rumah Sakit Jiwa berdasarkan jumlah tempat tidur yang tersedia dan juga berdasarkan beban kerja sehingga didapatkan beberapa jumlah tenaga gizi yang dibutuhkan di instalasi gizi RSJKO Soeprapto Daerah Bengkulu.

Hasil penelitian ini adalah Jumlah tenaga gizi di unit instalasi gizi RSJKO Soeprapto Daerah Bengkulu kekurangan tenaga pemasak sebanyak 3 orang.

Kata Kunci : Tenaga Gizi, RSJKO Soeprapto

https://lubmazresearch.wordpress.com

Contact person. 081273221213

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s