HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI DENGAN MOTIVASI MENYUSUI BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS

ABSTRAK

By. Kusdianto

Survei pendahuluan dengan berwawancara pada petugas Puskesmas mengatakan kebiasaan ibu-ibu memberikan makanan pendamping ASI sebelum bayi berusia 6 bulan. Sedangkan hasil wawancara beberapa orang ibu-ibu yang masih menyusui bayi di Puskesmas Muara Aman mengatakan mereka terpaksa tidak memberikan ASI secara teratur kalau sedang bekerja sedangkan hasil wawancara pada ibu-ibu di Posyandu Kampung muara Aman I, mengatakan mereka tidak menyusui bayinya karena produksi air susunya sedikit sehingga mereka memberikan makanan tambahan pada bayinya.

Pengetahuan merupakan domain yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang dari pengalaman dan penelitian terbukti bahwa perilaku yang didasari oleh pengetahuan akan menetap lebih lama dari pada perilaku yang tidak didasari oleh pengetahuan. Motivasi pemberian ASI diartikan sebagai suatu sikap penciptaan situasi yang merangsang kegairahan ibu-ibu untuk memberikan ASI pada bayinya, sehingga dapat terciptanya manusia yang berkualitas dan bardaya saing yang tinggi.

Penelitian ini penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional yang pelaksanaannya pada bulan Juli 2007 sampai dengan selesai. Populasi adalah semua ibu yang mempunyai bayi berumur 0-12 bulan yang bertempat tinggal dan menetap dalam wilayah kerja Pukesmas Muara Aman yang berjumlah 420 orang dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Sampel diambil dalam setiap posyandu yang berjumlah 42 orang.

Dari tabulasi silang antara pengetahuan ibu tentang ASI dan motivasi menyusui bayi dari 20 orang ibu yang berpengetahuan kurang sebanyak 12 orang motivasi menyusuinya rendah dan 8 orang motivasi menyusuinya tinggi dan dari 22 orang ibu yang berpengetahuan baik sebanyak 1 orang motivasi menyusuinya rendah dan 21 orang motivasi menyusuinya tinggi dan hasil uji statistic chi-square terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang ASI dengan motivasi menyusui bayi.

Kata Kunci : Pengetahuan Ibu Tentang ASI dan Motivasi Menyusui Bayi

 

Iklan

2 pemikiran pada “HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI DENGAN MOTIVASI MENYUSUI BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s