HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PENCEGAHAN DIARE DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI DESA LUNJUK DALAM WILAYAH KERJA PUSKESMAS

ABSTRAK

SULAIMAN

Diare adalah keadaan frekuensi buang air besar lebih dari empat kali pada bayi dan lebih dari tiga kali pada anak dengan konsestensi feaces encer, dapat berwarna hijau atau dapat pula bercampur lendir dan darah atau lendir saja. Pengetahuan berasal dari kata tahu, yang berarti bahwa seseorang yang mempunyai pengetahuan dan cakrawala didapatkannya dari pendidikan formal dan non formal, termasuk hal-hal yang diketahui tentang diri sendiri, tingkah laku, dan keadaan sekitarnya. Pencegahan penularan dari orang ke orang dengan cara semua anggota keluarga dari penderita untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan air terutama setelah buang air besar, sehabis menangani popok kotor dan sampah, serta melakukan pencegahan kontaminasi makanan dan minuman.

Penelitian ini dilaksanakan di desa Lunjuk dalam wilayah kerja Puskesmas Talang Tinggi Kabupaten Seluma dan objek penelitian yaitu seluruh ibu-ibu yang mempunyai balita dengan menggunakan desain penelitian secara Deskriptif Analitik. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 48 orang. Analisa data yang digunakan univariat untuk menggambarkan variabel independent dan variabel dependent melalui distribusi frekuensi dan analisa bivariat untuk melihat hubungan variabel independent dan variabel dependent dengan menggunakan uji Chi Square.

Hasil analisis univariat didapat pengetahuan Ibu dalam pencegahan diare yaitu pengetahuan kurang 24 orang (50%) dan pengetahuan baik 24 orang (50%) dan  hasil analisis bivariat didapat nilai Continuity Correction sebesar 30.943 dengan Asymp sig (p) = 0,000 karena nilai p<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan Ibu dengan kejadian diare pada Balita di Desa Lunjuk dalam wilayah kerja Puskesmas Talang Tinggi Kabupaten Seluma.

Diharapkan puskesmas dapat meningkatkan kerja sama lintas program dan lintas sektoral dalam melaksanakan upaya pencegahan penyakit diare. Peningkatan pengetahuan masyarakat melalui penyuluhan secara intensif pada masyarakat tentang cara pencegahan penyakit diare selain menjaga kebersihan diri dan juga harus menjaga kebersihan lingkungan.

https://lubmazresearch.wordpress.com

Contact person. 081273221213

Iklan

4 pemikiran pada “HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PENCEGAHAN DIARE DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI DESA LUNJUK DALAM WILAYAH KERJA PUSKESMAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s