FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PERDARAHAN POST PARTUM DI RUANG RAWAT INAP C I KEBIDANAN RSUD

ABSTRAK

oleh: Sugiyani

Tingginya angka kematian ibu akibat perdarahan Post Partum (40-60%) yang disebabkan oleh atonia uteri dan robekan jalan lahir. Berdasarkan data di ruang C1 kebidanan RSUD Dr. M. Yunus 2007 dan tahun 2008 masih tingginya angka kejadian Perdarahan Post Partum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Perdarahan Post Partum.

Desain penelitian dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini ibu yang melahirkan di C1 Kebidanan berjumlah 1.062 orang dan sampel sebesar 69 ibu yang melahirkan. Tehnik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Peneilitian dilaksanakan tanggal 22 Januari – 2 Februari tahun 2008 bertempat di      Dr. RSUD M Yunus Bengkulu, dan teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder.

Hasil analisis chi-square tentang paritas didapat nilai p=0.04<0,05, hasil analisis chi-square tentang umur didapat nilai p=0.04<0,05 dan hasil analisis chi-square tentang kadar hemoglobin didapat nilai p=0.01<0,05. Hasil analisis ada hubungan yang bermakna antara paritas, umur dan kadar hemoglobin dengan perdarahan post partum di C1 kebidanan RSUD Dr. M. Yunus.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman atau acuan petugas kesehatan khususnya bidan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama pelayanan persalinan.

Kata Kunci: Paritas, Umur, Kadar Hemoglobin, Perdarahan Post Partum

https://lubmazresearch.wordpress.com.

Contact person. 081273221213

Iklan

5 pemikiran pada “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PERDARAHAN POST PARTUM DI RUANG RAWAT INAP C I KEBIDANAN RSUD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s