RSS

ANALISIS KEBUTUHAN AIR BAKU DI WILAYAH KERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM)

15 Feb

RINGKASAN

Tesis

 Hasil wawancara dengan pegawai PDAM kota Bengkulu mengatakan pada saat ini PDAM sering menghadapi kendala dalam penditribusian air baku, yaitu adanya kebocoran yang terjadi dalam mendistribusikan air baku kepada masyarakat, sehingga banyak pelanggan PDAM yang mengeluh dengan pelayanan yang diberikan PDAM. Penelitian ini bertujuan mengetahui kebutuhan masyarakat/konsumen terhadap air baku baik secara kuantitatif maupun kualitatif, Kualitas produksi PDAM, dan upaya merumuskan strategi yang dapat dilakukan oleh PDAM dalam rangka mengatasi pemenuhan kebutuhan air baku.

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah berupa penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PDAM kota Bengkulu yang berjumlah 55 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode sensus yaitu semua anggota populasi diambil sebagai sampel, sehingga semua populasi di jadikan sampel penelitian. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dengan menggunakan metode analisis SWOT, yakni suatu metode yang menganalisis faktor-faktor yang dimiliki oleh organisasi. Analisis SWOT dilakukan yang menghasilkan faktor-faktor internal Kekuatan dan Kelamahan dan eksternal Peluang dan Ancaman.

 

Hasil penelitian PDAM memiliki kekuatan yang lebih rendah dibandingkan dengan kelemahannya dan peluang yang lebih besar dibandingkan ancamannya dengan nilai sebagai berikut: Kekuatan –Kelemahan = 108.6–161.9= -53.3 dan Peluang – Ancaman= 271.6– 184.5= 87.1 dan hasil analisis SWOT Kebutuhan Air Baku berada di Kuadran III (negatif, positif) Posisi ini menandakan sebuah organisasi yang lemah namun sangat berpeluang. Rekomendasi strategi yang diberikan adalah Ubah Strategi, artinya organisasi disarankan untuk mengubah strategi sebelumnya. Sebab, strategi yang lama dikhawatirkan sulit untuk dapat menangkap peluang yang ada sekaligus memperbaiki kinerja organisasi.

 

Kata Kunci: Air Baku, Analisis SWOT

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Februari 2012 in hasil penelitian

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 809 pengikut lainnya.