RSS

HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS

08 Agu

ABSTRAK

Skripsi,  Juli 2011

xiv+ 504 Hal + 6 Tabel +  2 Bagan + 7 Lampiran

Hubungan kerja yang erat dan saling membantu antara sesama pegawai, antar bawahan dengan atasan akan mempunyai pengaruh yang baik pula terhadap kepuasan kerja pegawai. Lingkungan kerja yang kondusif seperti hubungan antara karyawan dengan karyawan, karyawan dengan atasan dapat tercipta dengan pemberian kompensasi yang layak dan perilaku kepemimpinan yang meneladani akan dapat mempengaruhi kepuasan kerja, akan tetapi juga dapat memperkuat pengaruh lingkungan kerja, kompensasi dan kepemimpinan terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan umum dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan dan lingkungan dengan kepuasan kerja pegawai Puskesmas Babatan Kabupaten Seluma.

Penelitian ini penelitian asosiatif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai yang bertugas di Puskesmas Babatan Kabupaten Seluma yang berjumlah 31 orang yang diambil secara total sampling. Analisis yang dilakukan adalah analisis univariat Analisis bivariat bertujuan untuk melihat hubungan antara dua variabel yaitu variabel independent dan variabel dependent dengan menggunakan uji statistik chi square.

Penelitian menunjukkan lebih dari separoh (54,8%) responden menyatakan gaya pimpinan buruk, lebih dari separoh (67,7%) responden menyatakan lingkungan kerja buruk, sebagian besar (67,7%) responden menyatakan tidak puas, dan terdapat hubungan yang signifikan antara gaya pimpinan dengan kepuasan kerja pegawai di p value=0.037 serta terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan dengan kepuasan kerja pegawai p value=0.001

Kepada pimpinan Puskesmas Babatan hendaknya memperhatikan dan fleksibel dalam mengatur bawahan dan juga pimpinan hendaknya memperhatikan keadaan lingkungan kerja yang kurang baik untuk dilakukan perubahan agar dapat meningkatkan kepuasan kerja pegawai.

Kata Kunci: Gaya Pimpinan, Lingkungan kerja,  Kepuasan Kerja

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 8 Agustus 2011 in hasil penelitian

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 809 pengikut lainnya.