RSS

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN IBU NIFAS DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN KEPATUHAN DALAM MENGKONSUMSI VITAMIN A DI WILAYAH PUSKESMAS KABUPATEN

03 Feb

ABSTRAK

SKRIPSI,   JUNI 2010

Santi Riana

Salah satu penyebab buta pada ibu nifas  secara langsung adalah kekurangan Vitamin A (KVA). Tanda-tanda permulaan gangguan penglihatan sebagai akibat dari kekurangan  Vitamin A  ialah menurunnya kesanggupan untuk dapat  melihat dalam cahaya yang samar-samar.

Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan, pengetahuan ibu nifas dan dukungan suami  dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi Vitamin A di Wilayah Puskesmas Batu Bandung Kabupaten Kepahiang Tahun 2010.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan, pengetahuan ibu nifas dan dukungan suami dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi Vitamin A di Wilayah Puskesmas Batu Bandung Kabupaten Kepahiang Tahun 2010.

Metode penelitian adalah observasional analitik rancangn cross sectional, yang diteliti adalah tingkat pendidikan, pengetahuan ibu nifas, dukungan suami dan kepatuhan dalam mengkonsumsi Vitamin A. Pengolahan data dengan tahapan editing, coding, processing dan cleaning kemudian di analisis dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan uji chi square.

Hasil penelitian diperhitungkan secara chi square dengan hasil (1) Terdapat hubungan pendidikan Ibu nifas dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi Vitamin A. (2). Terdapat hubungan pengetahuan Ibu nifas dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi Vitamin A. (3). Terdapat hubungan dukungan suami dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi Vitamin A di Wilayah Puskesmas Batu Bandung Kabupaten Kepahiang Tahun 2010.

Bagi petugas program Gizi Puskesmas Batu Bandung diharapkan memberikan penyuluhan kepada keluarga (Suami dan Istri) di wilayah kerja Puskesmas Batu Bandung dapat memberikan penyuluhan tentang pentingnya Vitamin A bagi ibu nifas, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan mereka tentang Vitamin A.

http://lubmazresearch.wordpress.com

cell phone 081273221213

Hadi Saputra, SKM

Mahasiswa Magister Administrasi Publik Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu

Email. lubmaz@yahoo.co.id / Contact person. 081273221213

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 3 Februari 2011 in Uncategorized

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 815 pengikut lainnya.