RSS

T E S I S: KINERJA KARYAWAN BALAI BENIH IKAN DAN PRODUKTIVITAS PEMBUDIDAYA IKAN DI KABUPATEN

01 Feb

RINGKASAN

Oleh: Nangcik Usman

Di Kabupaten Bengkulu Utara, sosialisasi budidaya ikan yang baik masih terus ditingkatkan karena sering terjadi ketidakselarasan antara paket anjuran dengan pelaksanaan yang dilakukan oleh pembudidaya ikan. Usaha budidaya ikan bisa mengalami kegagalan akibat benih ikan yang dipelihara tidak berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Balai Benih Ikan dan untuk mengetahui produktivitas Pembudidaya Ikan.

Kinerja sebagai kesuksesan seseorang didalam melaksanakan suatu pekerjaan. Produktivitas pembudidaya adalah salah satu ukuran keberhasilan kinerja individu terletak pada produktivitasnya.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian Pembudidaya ikan berjumlah 18 orang dan pimpinan dan karyawan BBI berjumlah 15 orang. Analisis data kualitatif yaitu: Data reduction, data display dan data conclusion drawing/verification.

Hasil penelitian dapt disimpulkan kinerja Balai Benih Ikan Kurotidur, Argamakmur, dan Sentral Marga Sakti sudah baik dalam setiap fungsinya. sedangkan produktivitas Pembudidaya ikan Nila, Mas dan Lele dapat di disimpulkan sudah cukup tinggi atau meningkat dari sebelumnya, ini dapat dilihat dari pendapatan pembudidaya yang meningkat dari sebelumnya.

Karyawan BBI yang ada di Bengkulu Utara dapat mempertahankan dan dapat lebih meningkatkan kinerja yang sudah baik tersebut dengan tetap konsisten melaksanakan pembenihan sampai dengan pembesaran sesuai dengan Pedoman Cara Pembenihan ikan yang baik agar menghasilkan benih ikan yang unggul dan berkualitas.  Petani pembudidaya daya ikan dapat selalu membeli benih ikan di BBI yang sudah jelas  kualitas benih ikannya dengan harga yang murah dari pasaran, sehingga dapat menghasilkan ikan yang tidak mudah terserang penyakit, memiliki waktu hidup yang lebih lama, serta ikan yang cepat besar dalam waktu yang singkat dengan modal yang lebih murah dan dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Kata Kunci: Kinerja, Produktivitas, Balai Benih Ikan, Pembudidaya Ikan.

http://lubmazresearch.wordpress.com

cell phone 081273221213

About these ads
 
18 Komentar

Ditulis oleh pada 1 Februari 2011 in Uncategorized

 

18 responses to “T E S I S: KINERJA KARYAWAN BALAI BENIH IKAN DAN PRODUKTIVITAS PEMBUDIDAYA IKAN DI KABUPATEN

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 809 pengikut lainnya.