RSS

Gaya Pimpinan dan Semangat Kerja Pegawai Puskesmas

30 Jan

ABSTRAK

By. Harpi Nusanti

Survei pendahuluan di Puskesmas Nusa Indah, masih banyaknya para pegawai yang tidak mengikuti apel pagi atau datang terlambat dan pulang sebelum waktunya. Pegawai yang dahulunya rajin, selalu datang dan pulang tepat pada waktunya, sekarang sering datang terlambat dan pulang sebelum waktu yang telah ditetapkan, ini merupakan salah satu bukti atas kekecewaanya terhadap gaya kepemimpinan pimpinan Puskesmas yang tidak mau menerima masukan dari bawahannya serta pembagian insentif yang tidak merata atau jauh lebih banyak untuk pimpinan.

Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain. Kepemimpinan tergantung kepada kepemimpinannya untuk mempengaruhi itu. Dari defenisi diatas menunjukan kepemimpinan yang baik harus mampu berkomunikasi, baik sesama pemimpin maupun dengan pegawai. gaya kepemimpinan adalah cara yang digunakan dalam proses kepemimpinan yang diimplementasikan dalam perilaku kepemimpinan seseorang untuk mempengaruhi orang lain untuk bertindak sesuai dengan apa yang dia inginkan. Semangat kerja adalah melakukan kegiatan secara lebih giat, sehingga dengan demikian akan dapat diharapkan lebih cepat dan lebih baik.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif mengenai gaya pimpinan dan semangat kerja pegawai. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Nusa Indah Kota Bengkulu yang dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2007. Informan pada penelitian ini adalah seluruh pegawai Puskesmas Nusa Indah yang berjumlah 22 orang.

Hasil diskusi kelompok terarah dapat disimpulkan gaya kepemimpinan pimpinan Puskesmas Nusa Indah cenderung instruksi, yang ditandai dengan komunikasi yang berjalan satu arah, keputusan ditangan pimpinan, dan tidak menerima masukan dari bawahan, tetapi kadang-kadang gaya kepemimpinannya bisa berubah delegasi pada saat para pegawai harus menyelesaikan sendiri masalah kerja yang dihadapinya. Sedangkan hasil wawancara dengan pimpinan, diskusi kelompok terarah dengan pegawai Puskesmas Nusa Indah dan observasi di lapangan, peneliti menyimpulkan bahwa semangat kerja pegawai Puskesmas Nusa Indah masih rendah, yang ditandai dengan tingkat absensi yang tinggi, pulang lebih cepat dari waktunya, serta kerja tidak selalu tepat waktu.

Gaya kepemimpinan Pimpinan Puskesmas Nusa Indah adalah instruksi dan delegasi serta semangat kerja pegawai Puskesmas Nusa Indah cenderung menurun.

Kata Kunci: Gaya Pimpinan, Semangat Kerja Pegawai dan Puskesmas Nusa Indah

http://lubmazresearch.wordpress.com

Contact person. 081273221213

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 30 Januari 2011 in Uncategorized

 

2 responses to “Gaya Pimpinan dan Semangat Kerja Pegawai Puskesmas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.